Skip to main content

Membuat file HTML sederhana


Header Hello World



Kali ini kita akan belajar cara membuat file HTML sederhana, disini kita akan menampilkan tulisan Hello World pada Web browser. Oke langsung saja kita mulai.....


    1. Hal yang pertama kalian harus lakukan, buka terlebih dahulu text editor atau code editor  kalian, kali ini kita menggunakan text editor yang sederhana dulu aja bawaan dari Windows yaitu Notepad. 
    text editor notepad
    Sebenarnya banyak sekali text editor lain, seperti: Atom, Sublime Text, Visual Studio Code, Notepad++ dan masih banyak lagi. Itu semua akan Wawasan-Belajar bahas di pembahasan selanjut nya yaaa...

        2. Ketik lah struktur HTML 
     struktur pada html
    Walaupun sekarang sudah ada HTML versi yang terbaru yaitu HTML versi 5 dan ada beberapa tambahan struktur nya.

        3. Ketik pada bagian isi judul di bagian tag <title> dan untuk menampilkan Hello World ke tampilan browser, ketik Hello World pada bagian dalam <body> yang dibungkus dengan tag <p> yang artinya paragraf.
    Judul dan Paragraf

    Di html sendiri ada yang namanya tag yang mana selalu di awali tag pembuka berupa <> dan tag penutup berupa </>. Di dalam html ada beberapa tag, seperti:
    Nanti kita juga akan belajar mengenai apa itu tag.

        4. Selanjutnya kita save, save dengan nama file bebas tapi ekstensi file nya wajib (.html).
    Save file html dengan ekstensi .html

        5. Setelah kita save, mari kita buka file html yang udah kita buat. Cari tempat penyimpanan file nya > Lalu klik kanan pada bagian file > Pilih Open With > Silahkan kalian open dengan Web browser.
    Cara Open File HTML

        6. Apabila semua berjalan dengan baik maka tampilan yang akan terbuka di Web browser adalah seperti ini.
    Tampilan Hello World
    Disini saya menggunakan Web browser Google Chrome.

    Oke mungkin segitu aja dulu yang Wawasan-Belajar bisa jelasin mengenai cara membuat file HTML sederhana, mungkin selanjut nya Wawasan-Belajar akan menjelaskan apa itu Code Editor agar memudahkan kita dalam menuliskan kode program. 

    Comments