Skip to main content

Mengenal Tag pada HTML


Header Tag HTML

    Dipertemuan kali ini kita akan membahas apa itu "Tag" pada HTML.

    Di HTML sendiri terdiri dari beberapa elemen yang terdiri dari tag pembuka dan tag penutup. Tag pembuka ditandai dengan <>  dan tag penutup ditandai dengan </>. Dimana tag tersebut di dalam nya di ketikan juga keterangan nya apa yang mau kita tampilkan, salah satu nya tag paragraf yang cara penulisan nya adalah <p> ini adalah sebuah paragraf </p>.

    Di postingan sebelumnya yaitu "Membuat file HTML sederhanakita juga mengetikan struktur html yang dimana terdapat beberapa tag, yaitu tag <html></html>, tag <head></head>, tag <title></title>, dan tag <body></body>.
struktur pada html

    Untuk bagian tag pada bagian <head> itu nanti tidak akan tampil dibagian konten pada browser kita, hanya tag <title> saja yang akan tampil sebagai judul pada website kita. Di dalam head kita bisa mengisikan beberapa tag, contoh nya: tag <style></style>, tag <link>, tag <script></script> dan seterusnya. 
Tag pada head
Untuk melihat tag apa saja yang ada di dalam head kalian bisa kunjungi website: https://www.w3schools.com/tags/tag_head.asp

    Sedangkan, agar menampilkan konten pada tampilan halaman browser, kita dapat menulis nya di dalam tag <body>. Beberapa tag yang di tampilkan pada browser seperti text, link, gambar, iframe, heading dan format text.
Tag pada body
 Karena html yang kita pelajari ini bukan html yang versi terbaru jadi masih sedikit beberapa tag yang dapat diterapkan. 

    HTML yang terbaru adalah HTML versi 5 yang nanti nya terdapat banyak beberapa tag tambahan yang dapat kita terapkan di halaman website kita, seperti: membuat table, membuat form, membuat list, dan masih banyak lagi. Sedikit tambahan di html juga ada tag yang dimana tidak perlu menggunakan tag penutup. 
Tag pada html tanpa tag penutup


    Cukup sekian yang dapat Wawasan-Belajar sampaikan, apabila ada kekurangan dalam penulisan atau ada kata yang kurang jelas, silahkan kalian tulis di kolom komentar. Mungkin selanjutnya kita akan belajar mengenai tag Heading dan tag Paragraf.

Comments